Jumat, 23 Maret 2012

RPP KLS XI SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2x 45 menit


A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang kompetisi dalam kebaikan

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat Al Baqoroh ayat 148 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. Albaqoroh ayat 148
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. Albaqoroh ayat 148
• Menyimpulkan kandungan QS. Albaqoroh ayat 148 yang berkaitan dengan anjuran berlomba dalam kebaikan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Albaqoroh ayat 148.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Albaqoroh ayat 148
ولكلّ وجهة هو مولّيها فاسـتبقواالخيرات اين ما تكونوا يأت بكم الله جميعا انّ الله على كلّ شيئ قدير
• Tajwid QS. Albaqoroh ayat 148
• Terjemah dan tafsir QS. Albaqoroh ayat 148

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2
















3 Pendahuluan
1) Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2) Guru menggali pemahaman siswa tentang berlomba dalam kebaikan.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Albaqoroh ayat 148 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Albaqoroh ayat 148.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Albaqoroh ayat 148.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Albaqoroh ayat 148.
• Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Albaqoroh ayat 148.
• Siswa menuliskan arti kata perkata QS. Albaqoroh ayat 148
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Albaqoroh ayat 148

Penutup
1) Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Albaqoroh ayat 148.
2) Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Albaqoroh ayat 148
3) Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Albaqoroh ayat 148

Tanya Jawab





Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa












Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 2


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan.
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. Albaqoroh, kandungan ayat QS. Albaqoroh ayat 148.

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2x 45 menit


A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang kompetisi dalam kebaikan

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi kandungan surat Al Mujadilah ayat 11 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. Al Mujadilah ayat 11
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. Al Mujadilah ayat 11
• Menyimpulkan kandungan QS. Al Mujadilah ayat 11 yang berkaitan dengan anjuran berlomba dalam kebaikan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Al Mujadilah ayat 11.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Al Mujadilah ayat 11
يايـها الّذين أمنوا اذاقيل لكم تفسّحوا فى المجـلس فافسحوا يفسح الله لكم واذا قيل انشزوا فانشزوا يرفع الله الّذين امنوا منكم والّذين أوتواالعلم درجت والله بما تعملون خبير
• Tajwid QS. Al Mujadilah ayat 11
• Terjemah dan tafsir QS. Al Mujadilah ayat 11

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2














3 Pendahuluan
1) Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2) Guru menggali pemahaman siswa tentang berlomba dalam kebaikan.

Inti
1. Salah satu siswa membacakan QS. Al Mujadilah ayat 11 di depan kelas.
2. Siswa menyimak dan menulis QS. Al Mujadilah ayat 11.
3. Siswa menyimak arti kata perkata QS. AlMujadilah ayat 11.
4. Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. AlMujadilah ayat 11.
5. Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. AlMujadilah ayat 11.
6. Siswa menuliskan arti kata perkata QS. AlMujadilah ayat 11
7. Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. AlMujadilah ayat 11

Penutup
1) Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Al Mujadilah ayat 11
2) Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al Mujadilah ayat 11
3) Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al Mujadilah ayat 11

Tanya Jawab





Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa










Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 3


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan.
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. Al Mujadilah, kandungan ayat QS. Al Mujadilah ayat 11.
I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2x 45 menit


A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang perintah menyantuni kaum dhuafa

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat QS. Al Baqoroh 177 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. Al Baqoroh 177
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. Al Baqoroh 177
• Menyimpulkan kandungan QS. Al Baqoroh 177yang berkaitan dengan perintah menyantuni kaum dhuafa.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Al Baqoroh 177.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Al Baqoroh 177
ليس البرّ أن تولّو وجوهكم قبل المشرق والمغرب ولكنّ البرّ من أمن بالله واليوم الأخروالملئكة والكتب والنبيّن واتى المال على حبّه ذوى القربى واليتمى والمسكين وابن السبيل والسّـائلين وفى الرّقاب واقام الصّلوة واتى الزّكوة والموفون بعهدهم إذا عاهـدوا والصّبرين فى البأسـاء والضّرّاء وحين البأس اولئك الّذين صدقوا واولئك هم المتّقون
• Tajwid QS. Al Baqoroh 177
• Terjemah dan tafsir QS. Al Baqoroh 177

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2














3 Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2. Guru menggali pemahaman siswa tentang perintah menyantuni kaum dhuafa

Inti
1. Salah satu siswa membacakan QS. Al Baqoroh 177 di depan kelas.
2. Siswa menyimak dan menulis QS. Al Baqoroh 177.
3. Siswa menyimak arti kata perkata QS. Al Baqoroh 177.
4. Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Al Baqoroh 177.
5. Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Al Baqoroh 177.
6. Siswa menuliskan arti kata perkata QS. Al Baqoroh 177
7. Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Al Baqoroh 177

Penutup
1. Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Al Baqoroh 177
2. Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al Baqoroh 177
3. Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al Baqoroh 177

Tanya Jawab





Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa








Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 11


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan menyantuni kaum dhuafa Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. Albaqoroh, kandungan ayat QS. Albaqoroh ayat 177.
I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi menyantuni kaum dhuafa 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2x 45 menit


A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang perintah menyantuni kaum dhuafa.

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat QS. Al Isra ayat 26-27 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. Al Isra ayat 26-27
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. Al Isra ayat 26-27
• Menyimpulkan kandungan QS. Al Isra ayat 26-27 yang berkaitan dengan anjuran membantu kaum dhuafa.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Al Isra ayat 26-27.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Al Isra ayat 26-27

وات ذاألقربى حقّه والمسكين وابن السبيل ولاتبذّر تبذيرا إنّ المبذّرين كانوا إخوان الشّــيطين وكان الشّيطن لربّه كفورا
• Tajwid QS. Al Isra ayat 26-27
• Terjemah dan tafsir QS. Al Isra ayat 26-27

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2













3 Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2. Guru menggali pemahaman siswa tentang perintah menyantuni kaum dhuafa

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Al Isra ayat 26-27 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Al Isra ayat 26-27.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Al Isra ayat 26-27.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Al Isra ayat 26-27 Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Al Isra ayat 26-27
• Siswa menuliskan arti kata perkata QS. Al Isra ayat 26-27
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Al Isra ayat 26-27


Penutup
1. Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS Al Isra ayat 26-27
2. Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al Isra ayat 26-27
3. Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al Isra ayat 26-27
Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa









Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 9-11


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan dan bacakan surat Al Isra ayat 26-27 beserta artinya.
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. Al Isra ayat 26-27, kandungan ayat QS. Al Isra ayat 26-27.
I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan menyantuni kaum dhuafa 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang perintah berlomba-lomba dalam kebaikan

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi kandungan surat QS. Al Fathir ayat 32-33 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. Al Fathir ayat 32-33
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. Al Fathir ayat 32-33
• Menyimpulkan kandungan QS. Al Fathir ayat 32-33 yang berkaitan dengan anjuran. berlomba-lomba dalam kebaikan
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Al Fathir ayat 32-33.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Al Al Fathir ayat 32-33

ثمّ أورثنا الكتب الّذين اصطفينا من عبادنا فمنهم ظالم لّنفسه ومنهم مقتصد ومنهم سابق بالخيرت باءذن الله ذلك هو الفضل الكبير جنّت عـدن يدخلونها يحلّون فيها من اساور من ذهب وّلؤلؤا ولـباسهم فيها حرير

• Tajwid QS. Al Fathir ayat 32-33
• Terjemah dan tafsir QS. Al Fathir ayat 32-33

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2













3 Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2. Guru menggali pemahaman siswa tentang berlomba dalam kebaikan.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Al Fathir ayat 32-33di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Al Al Fathir ayat 32-33.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Al Al Fathir ayat 32-33.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Al Fathir ayat 32-33 Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Al Fathir ayat 32-33 Al Fathir ayat 32-33
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Al Fathir ayat 32-33

Penutup
1. Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS Al Fathir ayat 32-33 Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al Fathir ayat 32-33
2. Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al Fathir ayat 32-33

Tanya Jawab





Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa









Refleksi




3) Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 4-6


4) Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan.
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS Al Fathir ayat 32-33., kandungan ayat QS. Al Fathir ayat 32-33.
5) Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Menerapkan keimanan dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Beriman kepada rasul-rasul Allah dan memahami fungsinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi beriman kepada rasul-rasul Allah dan mampu menerapkannya.

D. Indikator
• Menjelaskan fungsi iman kepada rasul-rasul Allah.
• Mengemukakan dalil Naqli dan aqli tentang fungsi iman kepada rasul-rasul Allah.
• Menunjukan tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi iman kepada rasul-rasul Allah dalm kehidupan sehari-hari.

E. Materi Pembelajaran
• Fungsi iman kepada rasul-rasul Allah
• Dalil naqli dan aqli tentang fungsi iman kepada rasul-rasul Allah
• Tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.

F. SkenarioPembelajaran

No Kegiatan Metode
1





2









3 Pendahuluan
Guru dan siswa bertanya jawab tentang nama-nama Rosul Alloh yang dikenal..
Guru menggali kemampuan siswa tentang kedudukan, tugas dan fungsi Rosul Alloh

Inti
• Salah satu siswa membacakan Rukun Iman.
• Siswa menyimak dan menulis kedudukan Rosul Alloh
• Siswa menyimak dan menulis tugas Rosul Alloh Siswa
• Siswa menyimak dan menulis fungsi Rosul Alloh
• Siswa menyimak dan menulis fungsi beriman kepada Rosul-rosul Alloh
• Siswa menyimak dan menulis tanda-tanda beriman kepada Rosul-rosul Alloh

Penutup
1. Guru dan siswa membahas kesimpulan tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi beriman kepada rasul-rasul Allah
2. Guru dan siswa merefleksikan tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi beriman kepada rasul-rasul Allah
Tanya Jawab





Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa




Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 27-31


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Kuis, Tugas individu dan kelompok dan Ulangan harian
• Bentuk instrumen : Uraian bebas

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi kedudukan, tugas dan fungsi Rosul Alloh 50
2 Kemampuan mengidentifikasi kedudukan, tugas dan fungsi Rosul Alloh dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit


A. Standar Kompetensi
Menerapkan ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Mengamalkan prilaku terpuji dan menghindarkan prilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu dan terbiasa bertaubat
- Siswa mampu bersikap roja’ (mengharap keridhaan Allah)
- Siswa mampu menghindari perbuatan merampok ,membunuh,asusila,pelanggaran HAM

D. Indikator
- Menunjukan sikap bersedia bertaubat kepada Allah
- Menunjukan sikap optimis,dinamis, berfikir kritis,dan mengenali diri sendiri dalam mengharap keridhaan Allah.
- Menunjukan sikap membenci perbuatan merampok,membunuh,asusila,dan pelanggaran HAM (Hak Azasi Manusia)

E. Materi Pembelajaran
- Taubat kepada Allah
- Raja’(mengharap keridhaan Allah)
- Ajaran tentang larangan prilaku tercela.

F. SkenarioPembelajaran

No Kegiatan Metode
1





2























3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab macam-macam perbuatan terpuji dan tercela.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang cara bertaubat, roja’, sifat terpuji dan sifat tercela.

Inti
• Salah satu siswa membacakan pengertian taubat, raja’, optimis, dinamis, kritis, sabar, tenang, tawakkal, merampok, membunuh, asusila dan hak azasi manusia.
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan kedudukan dan fungsi taubat.
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan kedudukan dan fungsi raja’.
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan kedudukan dan fungsi optimis
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan kedudukan dan fungsi dinamis.
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan kedudukan dan fungsi berpikir kritis.
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan kedudukan dan fungsi pengendalian diri yang terdiri dari sabar, tenang dan tawakkal.
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan tentang macam-macam sifat tercela beserta kerugian bagi dirinya (membunuh, merampok, judi, minuman keras)
• Siswa menyimak dan menulis penjelasan tentang pelagaran HAM.

Penutup
1. Guru dan siswa membahas kesimpulan sifat-sifat terpuji dan tercela.
2. Guru dan siswa merefleksikan menghindari sifat-sifat terpuji dan menghindari sifat-sifat tercela. Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa



















Refleksi




G. Media Pembelajaran
a. Al Quran Mushaf besar
b. Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 45-62


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Kuis, Tugas individu dan kelompok dan Ulangan harian
• Bentuk instrumen : Uraian bebas

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan terpuji dan tercela. 50
2 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan terpuji dan tercela dalam mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Menerapkan syari’ah Islam dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Memahami dan menerapkan hukum Islam tentang muamalah.

C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menjelaskan dan menerapkan ketentuan hukum Islam tentang jual –beli

D. Indikator
- Menjelaskan ketentuan hukum islam tentang jual-beli
- Mennyebutkan dalil-dalil tentang jual-beli.
- Mempraktekkan cara jual beli menurut hukum Islam.
- Menyebutkan macam-macam jual-beli

E. Materi Pembelajaran
- Pengertian jual beli
- Hukum jual beli
- Rukun dan syarat jual beli
- Khiyar

F. SkenarioPembelajaran

No Kegiatan Metode
1





2














3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna jual beli berdasarkan syariat Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang hokum jual beli berdasarkan syriat Islam.

Inti
• Salah satu siswa membacakan pengertian jual beli, hokum, rukun, syarat dan khiyar dalam jual beli.
• Siswa menyimak dan menulis pengertian jual beli berdasarkan syariat Islam
• Siswa menyimak dan menulis hukum jual beli berdasarkan syariat Islam.
• Siswa menyimak dan menulis rukun jual beli berdasarkan syariat Islam.
• Siswa menyimak dan menulis syarat jual beli berdasarkan syariat Islam.
• Siswa menyimak dan menulis pengertian khiyar dalam jual beli berdasarkan syariat Islam

Penutup
1. Guru dan siswa membahas kesimpulan jual beli dalam Islam.
2. Guru dan siswa merefleksikan jual beli yang sesuai dengan syariat Islam Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa








Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 72-75


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Kuis, Tugas individu dan kelompok dan Ulangan harian
• Bentuk instrumen : Uraian bebas

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi jual beli yang sesuai dengan syariat Islam 50
2 Kemampuan merefleksikan hokum jual beli dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk deskripsi 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 14
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Menerapkan syari’ah islam dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Memahami dan menerapkan hukum Islam tentang muamalah.

C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menjelaskan dan menerapkan ketentuan hukum Islam tentang riba dan menghindarinya

D. Indikator
- Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang Riba
- Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan Riba.
- Menjelaskan macam-macam Riba.
- Menunjukan prilaku menghindari perbuatan riba.

E. Materi Pembelajaran
- Pengertian riba.
- Hukum riba
- Macam-macam riba.

F. SkenarioPembelajaran

No Kegiatan Metode
1







2









3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna jual beli berdasarkan syariat Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang hokum jual beli berdasarkan syriat Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang riba berdasarkan syriat Islam

Inti
• Salah satu siswa membacakan pengertian pengertian riba dan macam-macamnya dalam jual beli.
• Siswa menyimak dan menulis pengertian riba berdasarkan syariat Islam
• Siswa menyimak dan menulis hukum riba berdasarkan syariat Islam.
• Siswa menyimak dan menulis macam-macam riba dalam syariat Islam.

Penutup
1. Guru dan siswa membahas kesimpulan jual beli yang berkatagori riba menurut syariat Islam.
2. Guru dan siswa merefleksikan menghindari dari jual beli riba yang sesuai dengan syariat Islam Tanya Jawab








Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa





Refleksi







G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 75-76


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Kuis, Tugas individu dan kelompok dan Ulangan harian
• Bentuk instrumen : Uraian bebas

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi jual beli yang mengandung unsur riba. 50
2 Kemampuan merefleksikan menghindari riba dalam jual beli 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 15 dan 16
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Menerapkan syari’ah Islam dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Memahami dan menerapkan hukum Islam tentang muamalah.

C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menjelaskan dan menerapkan ketentuan hukum Islam tentang kerjasama ekonomi dan penerapannya.

D. Indikator
- Menjelaskan ketentuan hukum syirkah
- Menjelaskan ketentuan hukum mudharabah
- Menjelaskan ketentuan hukum tentang musaqah,muzara’ah dan mukhabarah.
- Menjelaskan sistem perbankan yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam.
- Menjelaskan sistem asuransi yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam
- Menunjukan prilaku yang mencerminkan kepatuhan terhadap hukum Islam tentang Kerjasama ekonomi.

E. Materi Pembelajaran
- Ketentuan tentang mudharabah
- Ketentuan tentang musaqah,muzara’ah dan mukhabarah
- Ketentuan tentang perbankan
- Ketentuan tentang asuransi
- Ketentuan tentang kerjasam ekonomi

F. SkenarioPembelajaran

No Kegiatan Metode
1







2











3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna jual beli berdasarkan syariat Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang hokum jual beli berdasarkan syriat Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang syirkah berdasarkan syriat Islam

Inti
• Menjelaskan ketentuan hukum syirkah
• Menjelaskan ketentuan hukum mudharabah
• Menjelaskan ketentuan hukum tentang musaqah,muzara’ah dan mukhabarah.
• Menjelaskan sistem perbankan yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam.
• Menjelaskan sistem asuransi yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam
• Menjelaskan perilaku yang mencerminkan kepatuhan terhadap hukum Islam tentang Kerjasama ekonomi.
Penutup
1. Guru dan siswa membahas kesimpulan Kerjasama ekonomi dalam Islam.
2. Guru dan siswa merefleksikan Kerjasama ekonomi yang sesuai dengan syariat Islam
Tanya Jawab







Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa






Refleksi




G. Media Pembelajaran
a. Al Quran Mushaf besar
b. Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 77-86


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Kuis, Tugas individu dan kelompok dan Ulangan harian
• Bentuk instrumen : Uraian bebas

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi pola kerja sama ekonomi yang sesuai dengan syariat Islam 50
2 Kemampuan merefleksikan pola kerjasama ekonomi yang sesuai dengan ajaran Islam. 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 11
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Menggambarkan peradaban Islam sebagai ekspresi pengamalan ajaran Islam
B. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi perkembangan islam pada abad pertengahan.

C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menjelaskan perkembangan islam pada abad pertengahan dan mampu menerapkan manfaatnya.

D. Indikator
- Menjelaskan menjelaskan perkembanagan ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada abad pertengahan
- Menjelaskan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan islam pada abad pertengahan
- Menyimpulkan prilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap manafaat yang dapat di ambil dari sejarah perkembangan islam pada abad pertengahan
- Menjelaskan pengaruh perkembangan dunia islam pada abad pertengahan terhadap umat islam Indonesia
E. Materi Pembelajaran
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada abad pertengahan
- Perkembangan Islam di Indonesia
F. SkenarioPembelajaran

No Kegiatan Metode
1





2











3 Pendahuluan
Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
Guru menggali pemahaman siswa tentang berlomba dalam kebaikan.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Al Fathir ayat 32-33di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Al Al Fathir ayat 32-33.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Al Al Fathir ayat 32-33.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Al Fathir ayat 32-33 Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Al Fathir ayat 32-33 Al Fathir ayat 32-33
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Al Fathir ayat 32-33
Penutup
1. Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS Al Fathir ayat 32-33 Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al Fathir ayat 32-33
2. Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al Fathir ayat 32-33
Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik laporan kegiatan








Refleksi




G. Media Pembelajaran
2) Al Quran Mushaf besar
3) Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 115-121


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Kuis, Tugas individu dan kelompok dan Ulangan harian
• Bentuk instrumen : Uraian bebas

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan berlomba-lomba dalam kebaikan 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 2x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat QS. Ar Rum ayat 41-42

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS.Ar Rum ayat 41-42
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. Ar Rum ayat 41-42
• Menyimpulkan kandungan QS. Ar Rum ayat 41-42 yang berkaitan dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup .
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Ar Rum ayat 41-42.

E. Materi Pembelajaran
• QS.Ar Rum ayat 41-42
ظهر الفساد فى البرّ والبحر بماكسبت ايدالناس ليذيقهم بعض الّذى عملوا لعلّهم يرجعون@ قل سيروا فى الارض فانظروا كيف كان عاقبة الّذين من قبل كان اكثرهم مّشركين
• Tajwid QS.Ar Rum ayat 41-42
• Terjemah dan tafsir QS.Ar Rum ayat 41-42

F. SkenarioPembelajran
No Kegiatan Metode
1





2













3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang pelestarian alam.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS.Ar Rum ayat 41-42 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS.Ar Rum ayat 41-42.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS.Ar Rum ayat 41-42.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS.Ar Rum ayat 41-42
• Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS.Ar Rum ayat 41-42.
• Siswa menuliskan arti kata perkata QS.Ar Rum ayat 41-42
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS.Ar Rum ayat 41-42

Penutup
• Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS.Ar Rum ayat 41-42
• Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS.Ar Rum ayat 41-42
• Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS.Ar Rum ayat 41-42 Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa









Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 17-19

H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan dalam melestarikan alam Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS.Ar Rum, kandungan ayat QS.Ar Rum ayat 41-42.
I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan dalam melestarikan alam 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 2x 45 menit

A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat QS. Al A’rof:56-58

D. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. Al A’rof:56-58
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. QS. Al A’rof:56-58
• Menyimpulkan kandungan QS. Al A’rof:56-58 yang berkaitan dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup .
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. Al A’rof:56-58.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Al A’rof:56-58
ولاتفسدوا فى الارض بعد اصلاحها وادعوه حوفا وطمعا إنّ رحمة الله قريب مّن المحسنين وهوالّذى يرسل الرّيح بشرا بين يدى رحمته حتّى إذا اقلت سحابا ثقالا سقــنه لبلد ميّت فانزلنابه الماء فاخرجنابه من كلّ الثمرت كذلك نخرج الموتى لعلّكم تذكّرون والبلد الطيّب يخرج نباته باءذن ربّه والّذى خبث لايخرج إلاّ نكدا كذلك نصرّف الآيت لقوم يّشكرون
• Tajwid QS. Al A’rof:56-58
• Terjemah dan tafsir QS. Al A’rof:56-58

F. SkenarioPembelajran
No Kegiatan Metode
1





2













3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang pelestarian alam.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Al A’rof:56-58 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Al A’rof:56-58.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS.Ar Rum ayat 41-42.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Al A’rof:56-58
• Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Al A’rof:56-58
• Siswa menuliskan arti kata perkata QS. Al A’rof:56-58
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Al A’rof:56-58

Penutup
• Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Al A’rof:56-58
• Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al A’rof:56-58
• Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al A’rof:56-58 Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa









Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 19-21

H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan dalam melestarikan alam Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS.Ar Rum, kandungan ayat QS.Ar Rum ayat 41-42.
I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan dalam melestarikan alam 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan ke : 8
Alokasi Waktu : 2x 45 menit

G. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

H. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat QS. As Shad ayat 27-28

J. Indikator
• Membaca dengan fasih QS. As Shad ayat 27-28
• Menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS. As Shad ayat 27-28
• Menyimpulkan kandungan QS. As Shad ayat 27-28 yang berkaitan dengan perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup .
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan isi QS. As Shad ayat 27-28.

K. Materi Pembelajaran
• QS. As Shad ayat 27-28

ومـا خلقــنا السّماء والأرض وما بينهما باطلا ذلك ظنّ الّذين كفـروا للّذين كفروافويل للذين كفروا من النّار@ أم نجعل الّذين امنوا وعملوا الصّلحـت كالمفسدين فى الأرض ام نجعل المتّــقين كالفجّار
• Tajwid QS. As Shad ayat 27-28
• Terjemah dan tafsir QS. As Shad ayat 27-28

L. SkenarioPembelajran
No Kegiatan Metode
1





2















3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang pelestarian alam.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. As Shad ayat 27-28 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. As Shad ayat 27-28.
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. As Shad ayat 27-28.
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. As Shad ayat 27-28
• Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. As Shad ayat 27-28.
• Siswa menuliskan arti kata perkata QS. As Shad ayat 27-28
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. As Shad ayat 27-28.

Penutup
• Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. As Shad ayat 27-28
• Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. As Shad ayat 27-28
• Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. As Shad ayat 27-28
Tanya Jawab





Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa











Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XI “Grafindo MediaPratama” hal 22-23

H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh perbuatan dalam melestarikan alam Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. As Shad, kandungan ayat QS. As Shad ayat 27-28.
I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan dalam melestarikan alam 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2007
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto. Mugni Wahid, S.Ag.

Tidak ada komentar: