Jumat, 23 Maret 2012

RPP KLS XII SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit



A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang anjuran bertoleransi.

C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat Yunus Ayat 40-41
- Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat Asy Syura Ayat 14

D. Indikator
• Membaca
• Menyimpulkan
• Membiasakan.

E. Materi Pembelajaran
• QS. Yunus Ayat 40-41

ومنهم من يّؤمن به ومنهم من لاّيؤمن به وربّك أعلم بالمفـسدين وان كذّبوك فقـل لى عملى ولكم عمـلكم انـتـم بريؤن مـمّـا اعـمل وانا بـرىء مـمّا تـعملون
• Tajwid QS. Yunus Ayat 40-41
• Terjemah dan tafsir QS. Yunus Ayat 40-41

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2













3 Pendahuluan
1) Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2) Guru menggali pemahaman siswa tentang toleransi dan etos kerja.

Inti
1) Salah satu siswa membacakan QS. Yunus Ayat 40-41 di depan kelas.
2) Siswa menyimak dan menulis QS. Yunus. Ayat 40-41
3) Siswa menyimak arti kata perkata QS. Yunus. Ayat 40-41
4) Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Yunus Ayat 40-41
5) Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Yunus Ayat 40-41.
6) Siswa menuliskan arti kata perayat QS. Yunus Ayat 40-41
7) Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Yunus Ayat 40-41


Penutup
1) Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Yunus Ayat 40-41
2) Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Yunus Ayat 40-41
3) Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Yunus Ayat 40-41
Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa









Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo Media Pratama” hal 1-4


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh Sikap Toleransi
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS Yunus Ayat 40-41.

Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan bertoleransi dan etos kerja 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


a. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

b. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang anjuran bertoleransi.

c. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi Q.S. Asy Syura Ayat 14

d. Indikator
• Membaca Q.S. Asy Syura Ayat 14
• Menyimpulkan Q.S. Asy Syura Ayat 14
• Membiasakan isi kandungan Q.S. Asy Syura Ayat 14

e. Materi Pembelajaran
Q.S. Asy Syura Ayat 14
ومـا تـفرّقوا إلاّمن بعد ما جـاء هم العـلم بـغيا بينهم ولولا كـلمـة سـبـقت من ربّـك إلى اجـل مّـسـمى لـقضي بـينـهم وإنّ الّذين أورثـوا الكتـب من بعـدهم لـفى شـكّ منـه مـريـب
• Tajwid Q.S. Asy Syura Ayat 14
• Terjemah dan tafsir Q.S. Asy Syura Ayat 14

f. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2











3 Pendahuluan
1) Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2) Guru menggali pemahaman siswa tentang toleransi


Inti
1) Salah satu siswa membacakan Q.S. Asy Syura Ayat 14 di depan kelas.
2) Siswa menyimak dan menulis Q.S. Asy Syura Ayat 14
3) Siswa menyimak arti kata perkata Q.S. Asy Syura Ayat 14
4) Siswa menyusun/mendata hokum tajwid Q.S. Asy Syura Ayat 14
5) Siswa menyusun/mendata arti kata perkata Q.S. Asy Syura Ayat 14
6) Siswa menuliskan arti kata perayat Q.S. Asy Syura Ayat 14
7) Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan Q.S. Asy Syura Ayat 14
Penutup
1) Guru dan siswa membahas bacaan tartil Q.S. Asy Syura Ayat 14
2) Guru dan siswa membahas hokum tajwid Q.S. Asy Syura Ayat 14
3) Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan Q.S. Asy Syura Ayat 14 Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa







Refleksi




g. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo Media Pratama” hal 1-4


h. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh Sikap Toleransi
Tuliskan secara lengkap kandungan surat Q.S. Asy Syura Ayat 14.

i. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan bertoleransi dan etos kerja 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


a. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

b. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang anjuran memiliki etos kerja.

c. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi Q.S. Ar Ro’du ayat 11

d. Indikator
• Membaca Q.S. Ar Ro’du ayat 11
• Menyimpulkan Q.S. Ar Ro’du ayat 11
• Membiasakan isi kandungan Q.S. Ar Ro’du ayat 11

e. Materi Pembelajaran
• Q.S. Ar Ro’du ayat 11

له معقبة من بين يديه ومن خلفه يحفظونه من امرالله ان الله لا يغيرما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم واذا ارادالله بقوم سوءا فلا مرد له وما لهم من دونه من وال
• Tajwid Q.S. Q.S. Ar Ro’du ayat 11
• Terjemah dan tafsir Q.S. Ar Ro’du ayat 11

f. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2











3 Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
2. Guru menggali pemahaman siswa tentang toleransi


Inti
1. Salah satu siswa membacakan Q.S. Ar Ro’du ayat 11di depan kelas.
2. Siswa menyimak dan menulis Q.S. Ar Ro’du ayat 11
3. Siswa menyimak arti kata perkata Q.S. Ar Ro’du ayat 11
4. Siswa menyusun/mendata hokum tajwid Q.S. Ar Ro’du ayat 11
5. Siswa menyusun/mendata arti kata perkata Q.S. Ar Ro’du ayat 11
6. Siswa menuliskan arti kata perayat Q.S. Ar Ro’du ayat 11
7. Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan Q.S. Ar Ro’du ayat 11
Penutup
1) Guru dan siswa membahas bacaan tartil Q.S. Ar Ro’du ayat 11
2) Guru dan siswa membahas hokum tajwid Q.S. Ar Ro’du ayat 11
3) Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan Q.S. Ar Ro’du ayat 11 Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa







Refleksi




g. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo Media Pratama”


• Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh etos kerja yang tinggi
Tuliskan secara lengkap kandungan surat Q.S. Ar Ro’du ayat 11.

• Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan bertoleransi dan etos kerja 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

a. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

b. Kompetensi Dasar
Membaca dan memahami ayat-ayat tentang anjuran memiliki etos kerja.

c. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi QS. Al Jumu’ah ayat 9-10

d. Indikator
• Membaca QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Menyimpulkan QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Membiasakan isi kandungan QS. Al Jumu’ah ayat 9-10

e. Materi Pembelajaran
• QS. Al Jumu’ah ayat 9-10

يـايـّـهاالذّين امـنوا إذا نودي للـصّـلوة من يّوم الجــمعة فاسعواإلى ذكرالله وذروا البيع ذلكم خيرلّكم ان كنتم تعــلمون @ فاذا قـضـيت الصّـلوة فانتـشروا فى الأرض وابتغوا من فضل الله واذكرواالله كـثيرالّعلّكم تفلحون
• Tajwid QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Terjemah dan tafsir QS. Al Jumu’ah ayat 9-10

f. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1




2














3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna Al Qur’an sebagai pegangan hidup.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang etos kerja

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Al Jumu’ah ayat 9-10 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Siswa menyusun/mendata hokum tajwid QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Siswa menyusun/mendata arti kata perkata QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Siswa menuliskan arti kata perayat QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Siswa menuliskan pokok-pokok kandungan QS. Al Jumu’ah ayat 9-10

Penutup
• Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Guru dan siswa membahas hokum tajwid QS. Al Jumu’ah ayat 9-10
• Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Al Jumu’ah ayat 9-10 Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa









Refleksi




g. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo Media Pratama”


h. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh etos kerja yang tinggi
Tuliskan secara lengkap kandungan QS. Al Jumu’ah ayat 9-10.

i. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan bertoleransi dan etos kerja 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 5-6
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan keimanan kepada hari akhir dan memahami fungsinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda penghayatan terhadap fungsi beriman kepada hari Akhir dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

D. Indikator
• Membaca
• Menyimpulkan
• Membiasakan.

E. Materi Pembelajaran

• Pengertian hari kiamat
• Kehidupan setelah hari kiamat
• Fungsi iman kep[ada hari kiamat
F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2

















3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang makna hari kiamat.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang hari kiamat.


Inti
• Beberapa siswa diminta menjelaskan tentang kiamat dan pembagian kiamat.
• Beberapa siswa diminta menjelaskan tentang tanda-tanda kiamat baik sugro maupun kubro
• Beberapa siswa diminta menyebutkan nama-nama lain kiamat.
• Siswa menyimak penjelasan kiamat berdasarkan ayat Al Qur’an.
• Siswa menyimak penjelasan kiamat berdasarkan ilmu pengetahuan alam.
• Siswa menyimak penjelasan kehidupan setelah kiamat..
• Siswa mengidentifikasi sikap dan perbuatan yang merupakan tanda-tanda akan datangnya kiamat..
• Siswa menuliskan ayat-ayat Al Qur’an berkaitan dengan proses kiamat.
• Siswa menganalisa kandungan ayat dari ayat-ayat yang berkaitan dengan kiamat.

Penutup
• Guru dan siswa membahas tanda-tanda kiamat yang kini telah muncul.
• Guru dan siswa membahas tatacara meyakini terjadinya kiamat.
• Guru dan siswa merefleksikan hikmah meyakini hari kiamat
Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik laporan kegiatan













Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo MediaPratama” hal 22-31


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh Sikap mengimanai terjadinya kiamat.
Tuliskan secara lengkap nama-nama kiamat dan kehidupan setelah terjadinya kiamat.

I. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi tanda-tanda menjelangnya kiamat dan kehidupan setelah kiamat. 50
2 Kemampuan merepleksikan keimanan terhadap terjadinya kiamat dalam perilaku keseharian 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 7-11
Alokasi Waktu :10 x 45 menit







A. Standar Kompetensi
Menerapkan syariah Islam dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Memahami hukum Islam tentang mawaris dan hikmahnya.

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang mawaris dan mampu mempraktikkannya..

D. Indikator
1. Mencari nisbat hukum waris
2. Mengetahui kedudukan harta waris berdasarkan hukum Islam
3. Mencontohkan pembagian waris berdasarkan hukum Islam
4. Menjelaskan pembagian waris berdasarkan syariat Islam

E. Materi Pembelajaran
• Pengertian,tujuan,sumber hokum,dan kedudukan mawaris
• Beberapa sebab memperoleh harta warisan
• Beberapa saebab terhalangnya pewarisan
• Harta warisan sebelum diwaris
• Ahli waris
• Furudul Muqaddarah
• Zawil Furud dan Asabah
• Hijab
• Pembagian harta warisan
• Warisan menurut hokum adat
• Warisan menurut undang-undang nomor 7 tahun 1989
• Hikmah mawaris
• Wasiat

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1




2


































3 Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang Pengertian, tujuan, sumber hokum,dan kedudukan mawaris.
2. Guru menggali pemahaman siswa tentang Mawaris.

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. An Nisa ayat 7-10
• Siswa menganalisa kandungan hokum waris yang terkandung dalam QS. An Nisa ayat 7-10
• Siswa menyimak kandungan hokum waris yang terkandung dalam QS. An Nisa ayat 7-10
• Salah satu siswa membacakan QS. An Nisa ayat 11
• Siswa menganalisa dan mengidentifikasi bagian waris yang terkandung dalam QS. An Nisa ayat 11.
• Siswa menyimak penjelasan kandungan QS. An Nisa ayat 11 tentang bagian-bagian yang telah ditentukan Alloh atas ahli waris, hijab dan mahjub.
• Salah satu siswa membacakan QS. An Nisa ayat 12
• Siswa menganalisa dan mengidentifikasi bagian waris yang terkandung dalam QS. An Nisa ayat 12.
• Siswa menyimak penjelasan kandungan QS. An Nisa ayat 12 tentang bagian-bagian yang telah ditentukan Alloh atas ahli waris. Dawil furud, furul muqoddaroh dan dawil arham serta ashobah.
• Salah satu siswa membacakan QS. An Nisa ayat 13
• Siswa menganalisa dan mengidentifikasi hukum waris yang terkandung dalam QS. An Nisa ayat 13.
• Siswa menyimak penjelasan ketentuan Alloh atas waris dan balasan bagi orang yang melaksanakan hokum waris, waris berdasarkan hokum adat dan hokum Indonesia.
• Siswa menyimak penjelasan ketentuan Alloh atas wasiat.
• Salah satu siswa membacakan QS. An Nisa ayat 14
• Siswa menganalisa dan mengidentifikasi hukum yang tidak melaksanakan hokum waris
• Siswa menyimak penjelasan ketentuan Alloh atas waris dan balasan bagi orang yang tidak melaksanakan hokum waris.

Penutup
• Guru dan siswa membahas ketentuan Alloh atas pembagian waris.
• Guru dan siswa membahas pahala orang yang melaksanakan hokum waris berdasarkan hokum Islam
• Guru dan siswa siswa membahas balasan bagi orang yang tidak melaksanakan hokum waris berdasarkan hokum Islam
Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik laporan kegiatan





























Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo MediaPratama” hal 77-89


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh penghitungan pembagian waris berdasar kepada ketentuan Alloh.
Tuliskan secara lengkap balasan Alloh atas orang yang melaksanakan dan tidak melaksanakan pembagian waris berdasarkan syari’at Islam.







Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi ketentuan Alloh tentang waris, wasiat dan perhitungan waris. 50
2 Kemampuan merepleksikan hokum waris dalam kehidupan 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 12-14
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit




A. Standar Kompetensi
Menerapkan ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Mengamalkan prilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
• Mampu bersikap Ridha,produktif,efisien,adil,dan bijaksana
• Berfikir matang serta memiliki harga diri.

D. Indikator
• Mencari
• Mengetahui
• Mencontohkan
• Menjelaskan

E. Materi Pembelajaran
• Warak
• Rida dan Sabar
• Tawakal
• Kanaah
• Adil
• Berfikir positif
• Percaya diri

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2

















3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang konsep dasar perilaku terpuji.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang sipat-sipat terpuji.

Inti
• Beberapa siswa bercerita tentang sikap terpuji sebagai pengalaman diri di depan kelas.
• Siswa mengidentifikasi perilaku terpuji yang dapat dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Siswa menyimak penjelasan waro’
• Siswa menyimak penjelasan Rido dan Tawakal
• Siswa menyimak penjelasan Tawakal
• Siswa menyimak penjelasan qona’ah
• Siswa menyimak penjelasan adil
• Siswa menyimak penjelasan berfikir positif
• Siswa menyimak penjelasan percaya diri dan tawadlu
• Siswa mengidentifikasi perbuatan waro’, rido, tawakal, qona’ah, adil, berfikir positif, dan percaya diri dan dituangkan ke dalam makalah kelompok.
• Siswa mendiskusikan makalah yang telah dibuatnya.

Penutup
• Guru dan siswa membahas hikmah perilaku terpuji bagi kehidupan pribadinya dimasa yang akan dating.

Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik perilaku siswa













Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo MediaPratama” hal 46-53


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu/Kelompok
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Pembuatan makalah

Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi perbuatan yang merupakan cerminan dari sifat terpuji 50
2 Kemampuan mengkoreksi dirinya melalui pengungkapan sifat-sifat dirinya 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit




A. Standar Kompetensi
Menggambarkan peradaban Islam sebagai ekspresi pengamalan ajaran Islam

B. Kompetensi Dasar
Siswa mampu menganalisis perkembangan Islam di indonesia dan mengambil manfaatnya untuk kepentingan hidup sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan perkembangan Islam dan mampu mengambil manfaat untuk kepentingan sehari-hari.

D. Indikator
• Mencari
• Mengetahui
• Mencontohkan
• Menjelaskan

E. Materi Pembelajaran
• Masuknya Islam di Indonesia
• Perkembangan Islam di Indonesia
• Peranan umat Islam di Indonesia

F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2







3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang awal mula masuknya Islam ke Nusantara
• Guru menggali pemahaman sejarah Islam Indonesia


Inti
• Beberapa siswa menjelaskan awal mula Islam masuk Nusantara.
• Siswa menyimak sejarah Islam masuk Nusantara.
• Siswa menyimak perkembangan Islam di Indonesia (Sumatera, Jawa dan daerah lain)
• Siswa menyimak peranan umat Islam di Indonesia.

Penutup
• Guru dan siswa membahas hikmah mempelajarai sejarah Islam Indonesia

Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik makalah



Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo MediaPratama” hal 108-113


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Makalah Islam di Indonesia
I..Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi sejarah Ummat Islam Indonesia 50
2 Kemampuan mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 16
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit



A. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar
Siswa mampu membaca dan mendeskripsikan ayat-ayat yang berisi dorongan untuk mengembangkan IPTEK serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat Ar-Rahman Ayat 33
• Pengayaan materi tentang Ilmu Tajwid
• Pengayaan materi tentang ilmu Al Qur,an

D. Indikator
• Mencari
• Mengetahui
• Mencontohkan
• Menjelaskan

E. Materi Pembelajaran
• QS. Ar Rahman 33
• Tajwid QS. Ar Rahman 33
• Terjemah, tafsir dan kandungan QS. Ar Rahman 33
F. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2











3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang posisi pengetahuan dalam Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang pengetahuan dan iptek dalam Islam

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Ar Rahman 33 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Ar Rahman 33
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Ar Rahman 33
• Siswa menyimak arti QS. Ar Rahman 33
• Siswa menyimak pokok-pokok kandungan QS. Ar Rahman 33




Penutup
• Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Ar Rahman 33
• Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Ar Rahman 33

Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik laporan kegiatan







Refleksi




G. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo MediaPratama” hal 15-19


H. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh Sikap
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. Ar Rahman 33

I..Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi dorongan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat dalam Al Qur’an 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan ke : 17
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit



a. Standar Kompetensi
Mendeskripsikan dan mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

b. Kompetensi Dasar
Siswa mampu membaca dan mendeskripsikan ayat-ayat yang berisi dorongan untuk mengembangkan IPTEK serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

c. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu membaca dan menjelaskan isi surat Ar-Rahman Ayat 33
• Pengayaan materi tentang Ilmu Tajwid
• Pengayaan materi tentang ilmu Al Qur,an

d. Indikator
• Mencari
• Mengetahui
• Mencontohkan
• Menjelaskan

e. Materi Pembelajaran
• QS. Ar Rahman 33

يـمـعشر الجـن والانس ان استطعتم ان تنفذوا من اقطار السموت والأرض فانفذوا لاتنفذوا الآّ بشلطن
• Tajwid QS. Ar Rahman 33
• Terjemah, tafsir dan kandungan QS. Ar Rahman 33
f. SkenarioPembelajran

No Kegiatan Metode
1





2








3 Pendahuluan
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang posisi pengetahuan dalam Islam.
• Guru menggali pemahaman siswa tentang pengetahuan dan iptek dalam Islam

Inti
• Salah satu siswa membacakan QS. Ar Rahman 33 di depan kelas.
• Siswa menyimak dan menulis QS. Ar Rahman 33
• Siswa menyimak arti kata perkata QS. Ar Rahman 33
• Siswa menyimak arti QS. Ar Rahman 33
• Siswa menyimak pokok-pokok kandungan QS. Ar Rahman 33

Penutup
• Guru dan siswa membahas bacaan tartil QS. Ar Rahman 33
• Guru dan siswa merefleksikan pokok-pokok kandungan QS. Ar Rahman 33

Tanya Jawab






Inkuiri, Discovery, dan penilaian otentik laporan kegiatan



Refleksi




g. Media Pembelajaran
• Al Quran Mushaf besar
• Buku Paket PAI untuk SMA Kelas XII “Grafindo MediaPratama” hal 15-19


h. Evaluasi
• Jenis tagihan : Tugas individu
• Bentuk instrumen : Uraian bebas
Tuliskan beberapa contoh Sikap
Tuliskan secara lengkap kandungan surat QS. Ar Rahman 33

i. Format penilaian

Nama siswa :
Kelas/semester :
Hari/tgl penilaian :
Kompetensi yang dinilai:

No Aspek yang dinilai Skor

1 Kemampuan mengidentifikasi dorongan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang terdapat dalam Al Qur’an 50
2 Kesesuaian dengan tafsir dan ilmu tafsir 50
Total skor 100




Mengetahui, Rangkasbitung, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran,



Drs. Heri Mulyanto Mugni Wahid, S.Ag

1 komentar: